Tips : Formula di Excel 2007

Tentu anda sudah sangat familiar dengan formula di Excel 2007. Berikut ini saya berikan beberapa trik mengenai penulisan formula agar anda dapat bekerja dengan lebih efektif

1. Browse Formula di Excel

Excel dilengkapi dengan setidaknya 300+ formula yang sudah siap pakai. Ini dapat anda lihat di tab Formulas. Formula tersebut disusun dalam beberapa kategori untuk memudahkan anda mencari formula yang anda butuhkan, yaitu  Recently Used (paling sering dipakai), Financial (fungsi finansial) Logical (fungsi logika), Text (manipulasi tulisan), Date & Time (manipulasi hari dan tanggal), Lookup & Reference (manipulasi alamat sel), Math & Trig (matematika dan trigonometri) serta fungsi lainnya.

Dengan mengklik salah satu kategori tersebut, anda akan diberikan fungsi-fungsi yang ada dalam kategori ini, berikut penjelasan singkat tentang apa yang dikerjakan fungsi itu. Untuk lebih jelas, anda bisa menekan tombol bantuan F1 tentang fungsi ini.

Nama fungsi sebenarnya sudah menunjukkan tentang apa yang dihitung dalam fungsi itu, jadi anda bisa menebak sendiri. Sebagai contoh, fungsi Math & Trig yaitu Log, secara otomatis kita bisa menebak bahwa fungsi ini akan menghitung logaritma dari sebuah bilangan yang dimasukkan.

fungsi-excel

Ketika anda mengetik = di sebuah sel kosong dan menulis huruf awal dari formula yang kita inginkan, maka Excel akan memunculkan daftar fungsi yang bersesuaian dengan huruf awal tersebut, lengkap dengan bantuan inputan apa yang diperlukan untuk fungsi tersebut.

fungsi-suggest

Untuk memilih salah satu fungsi dalam daftar ini, klik fungsi yang anda pilih, kemudian tekan TAB, maka fungsi pilihan anda akan tertulis lengkap didalam sel, seperti gambar 1 diatas.

2. Insert Fungsi yang belum diketahui

Misalkan anda mempunyai pinjaman $26,000, pinjaman selama 48 bulan dengan bunga 6% per tahun, berapa anda harus bayar per bulannya?

Tentu anda bisa menebak, bahwa fungsi yang digunakan berada dalam kategori financial. Maka periksa satu persatu kategori financial ini, dan baca penjelasan mengenai fungsi tersebut.

Cara lainnya adalah dengan mengklik tanda fx (nomor 1), maka akan muncul dialog box. Anda bisa mencari fungsi yang cocok dengan mencari deskripsi tertentu, misalkan loan payment ditulis di kotak 2, atau mencari di kategori kotak 3. Keterangan singkat fungsi akan muncul di nomor 4. Dan penjelasan rinci tentang fungsi itu, silahkan klik help function di nomor 5.

mengetahui-fungsi-yang-cocok

Fungsi yang cocok untuk menghitung pembayaran per-bulan sebagaimana soal diatas adalah =PMT. Kita klik PMT, maka akan muncul dialog box baru yang menerangkan dengan lebih detail tentang fungsi ini.

keterangan-fungsi

yang saya ingin garis bawahi adalah, selalu perhatikan keterangan penggunaan fungsi ini (panah merah). Sebagai contoh, Rate dihitung per tahun. Jadi kalau bayarnya per-bulan, kita harus bagi dengan 12 (rate=6%/12). Kalau bayarnya per 4 bulan (quarterly), maka Rate yang kita masukkan adalah 6%/4.

Kalau kita sudah faham dengan penggunaan fungsi tertentu, kita tidak perlu selalu memakai dialog box diatas, langsung ketikkan saja fungsi itu di sel yang diinginkan. Namun bila anda tidak familiar dengan fungsi tertentu, tentu dialog box ini akan sangat membantu……

Istilah Pencarian:

Klik untuk melihat isi list

Leave a Reply