Teks Wawancara Nazaruddin dan Iwan Piliang lewat Skype

Berikut ini teks wawancara antara Nazaruddin dan Iwan Piliang dari Press Talk. Sebagaimana diketahui, Nazaruddin menghubungi Iwan Piliang untuk mengadakan wawancara lewat Skype.

Awalnya Indra J Piliang kaget juga diminta wawancara dengan Nazarudin, karena yang ia tahu, Nazarudin itu gaptek. Sehingga ia pun berkesimpulan ada orang lain di belakang Nazaruddin (yang juga diakui Nazarudin, ia kemana-mana selalu didampingi pengawal)

Wawancara ini mengungkap keterlibatan Chandra M Hamzah yang menerima suap dari seorang pengusaha bernama Andi dalam Proyek pengadaan baju hansip, Deal Anas Urbaningrum dalam proyek Wisma Atlet serta Hambalang, Uang untuk pemenangan Anas dalam Pemilihan Ketua Demokrat, dst. Pokoknya semuanya mengenai uang deh. Juga ada disinggung Mindo Rosalina, dan Wafid Muharram yang cuma jadi korban seperti Nazaruddin…

 

I

bung Nazar

N

Alhamdulillah saya sehat

I

Keluarga juga ada disana, anak anak?

N

Keluarga saya lagi sama saya semuanya sehat cuman kemarin saya ada yang begitu saya pas presskom telepon sama Metro, sama TVOne, malamnya ternyata ada 2 orang yang mengejar saya mungkin mereka tahu posisi saya dari, karena saya membuka beberapa fakta yang mungkin ee, menurut seseorang merasa sangat dirugikan, tapi saya niatnya meluruskan apa yang sebenarnya terjadi, tidak menambahin dan tidak mengurangin, biar … (suara tidak jelas) KPK terlihat tidak merekayasa kasus ini tapi membuka fakta hukum yang sebenarnya, siapa dalang sebenarnya itu harus ditangkap,jadi kemarin memang sempat ada yang mengejar saya 2 orang, tapi untung saya juga dikawal jadi saya bisa terselamatkan, walaupun saya sempat ditembak.

I

Sempat ditembak? atau ditembak ada suaranya atau merasakan ada peluru yang nyasar atau gimana

N

Bukan lagi suara, pelurunya nembaknya pas disebelah saya untung kena ( gak terlalu kedengaran…) tapi alhamdulillah

I

Anda selamat

N

Selamat

I

Nah, ini sebelum masuk ke hal-hal yang serius nih, saya ingin anda meyakinkan kita nih, anda ini sebetulnya sehat ya, tidak mengalami halusinasi seperti yang dituduhkan beberapa anggota demokrat, gitu. Coba anda mungkin anda pegang pipi anda gitu, sakit?

N

Ya ini pipi saya kalau dicubit ya sakit

I

Artinya anda dalam keadaan sehat ya

N

Alhamdulillah, saya sehat, saya waras, kenapa saya tidak mau menghadapi KPK karena saya tidak percaya. Karena ini dari awal semua saya tahu ini rekayasa karena kalau kpk membuka fakta sebenarnya jelas kok siapa yang merekayasa, siapa yang memang mengatur semua proyek ini dari awal, itu semua akan kelihatan, ceritanya gimana semuanya ada faktanya, tidak direkayasa, tidak dibuat-buat. Pertemuannya ada, siapa yang ikut pertemuan, siapa yang ngatur saya tugasnya gimana, Angelina tugasnya gimana Nirwan Amir tugasnya gimana, itu jelas, ada pertemuan-pertemuan yang dilakukan supaya Anas….(suara tidak jelas)

I

Baik-baik, sebelum itu akan kita break down, saya ingin masih yang ringan-ringan dulu. Ini heboh sejagad indonesia sekarang katanya ada suara Sari Roti, hari ini suara yang dibicarakan ketika anda wawancara dengan Metro TV

 

(tampaknya rekaman terputus)

I

Ok. lanjut.

N

Setelah itu pertemuan dengan Wafid, Wafid, saya, Sondakh, Anas Urbaningrum, Nirwan Amir, ya. jadi waktu itu Wafid, Angelina Sondakh, Nirwan Amir, saya, Anas. Berlima kita bertemu oke sudah disepakati, tadi pada prinsipnya menyetujui untuk program itu jalan. terus disitu berlangsung gak lama Mahfud datang

I

Eh, Mahfud Saroso

N

Ya, Mahfud Saroso, datang, dia bilang, oke teknis dibawah, panitia sudah dipegang, konsultan sudah dipegang , Nanti yang dimenangkan adalah, waktu itu sekitar bulan Pebruari sudah dibilang, nanti yang akan menang adalah, Adikarya xxx (gak jelas) wika. selesai sampai omongan itu semua bubar, terus tinggal bertiga, Anas, saya, sama Mahfud. Nah disitu Mahfud bilang, begitu oke fix, semua anggaran yang …(tidak jelas) khan ada, Adikarya akan bantu untuk anggaran kongres, dia akan turun segera 100 M.

I

100 M?

N

Ya, 100M

I

Dan uang itu riil diterima oleh?

N

Dan uang itu riil diterima, jadi begini. saya tidak tahu kalau ada diluar 100M itu. ini untuk Hambalang aja ya…

I

Ya, kita fokus bicara Hambalang

N

Hambalang itu, uang 100M itu, diserahkan 50M, waktu itu Anas telpun saya, Anas bilang itu ada uang 50M Mahfud mau serahkan dari Adikarya untuk kongres. Oke saya tindak, biar Mahfud ngantarkan uang itu ke Yulianis. Dari Mahfud uang itu diantarkan ke Yulianis 50M.

I

50M lagi? khan tadi 100M

N

Ya, 50 M lagi ini saya mau jelaskan, sabar pak

I

Hehehe…lanjut

N

25 M diserahkan ke anggota DPR. itu Mahfud yang langsung serahkan. mungkin serahkan ke Angie, Angie yang nyerahkan ke dalam, saya tidak tahu

I

pokoknya ditangan mbak Angie gitu ya

N

Ya. terus 5M ke Andi

I

Andi Malarangeng maksudnya ya?

N

Ya, yang nerima Choel. 20M lagi diserahkan ke Ipang.

I

25?

N

20. 20M itu langsung oleh Mahfud. itu untuk proyek Hambalang. untuk proyek Wisma Atlit, Wisma Atlit itu yang dari proyek kontraktor 91 yang sudah diserahkan itu 16M. 9M itu diserahkan ke Wafid. Dari Wafid, itu uangnya diserahkan ke Paul. orang kepercayaannya Wafid.

I

Paul yo?

N

Saya tidak tahu, saya tahunya namanya cuman Paul. dan saya juga gak pernah ketemu Paul ini

I

Di Tivi memang ngakunya gak pernah jumpa bapak. Cocok ini

N

….(rekaman putus)

I

Pemirsa, press talk mungkin juga bisa menyimak di youtube, dan saya yakin tv juga akan menyiarkan ini, mungkin mengutip bung nazar, dapat menyaksikan langsung anda, dan silahkan publik yang menilai. oke. Lanjut, soal KPK sekarang

N

soal KPK,ada pertemuan antara chandra, dengan Ade Raharja dengan Anas Urbaningrum

I

Anda ingat waktu dan tempatnya

N

Saya waktunya lupa, tapi tempatnya saya juga itu, itu pertemuan jelas, ada yang menginfokan saya dalam pertemuan itu yang ikut, saya tidak mau sebut namanya. dealnya adalah: Chandra nanti terpilih lagi jadi ketua KPK. Ade Raharja akan terpilih salah satu ketua. itu dealnya, sudah deal.dan saya percaya betul. saya tahu Chandra Hamzah, Chandra Hamzah itu saya tahu kelakuannya, begitu juga Ade Raharja, saya tahu kelakukannya, jadi saya percaya bener omongan itu. dan memang terealisasi. dealnya adalah, Chandra jadi ketua KPK kedepan, Ade raharja sebagai wakil ketua, tapi dealnya anas tidak boleh dipanggil, sama sekali, walaupun bukti dan faktanya sudah cukup di penyidikan kpk. begitu juga untuk angelina sondah. angelina itu banyak mintain uang anggaran,jelas, kalau mau dibuka tentang wafid, wafid bisacerita semua, tentang ibu yang satu lagi

I

maksudnya ibu yang satu lagi itu siapa?

N

ibu rosa. tanya aja kepada rosa. dia bisa menjelaskan semua. terus kepada..

I

di koran tempo saya lihat dia sudah mulai membuka.

N

nirwan amir. itu jelas. karena rosa sudah tahu hubungannya anas gimana. tentang dapet proyek wisma atlit, itu rosa tahu. nirwan amir, semua sudah cukup bukti. tapi karena ada deal antara chandra dan ade raharja, semua itu ditiadakan untuk memanggil anas, angelina dan nirwan amir. ini saya tahu dan saya yakin chandra melakukan deal itu. karena kenapa? chandra itu pernah melakukan xxx sama saya 2 kali. itu tahun 2010

I

nah ini menarik. anda kalau gak bisa membuktikan ini, dibilang kumur-kumur khan gitu

N

oh tidak, saya ada bukti pak. ini saya punya CD, CD rekaman di rumah saya, rekaman CD di rumah saya, waktu chandra di rumah saya. waktu yang pertama dia datang jam 7 – jam 8, dia datangnya jam 9, saya datang dan ngobrol dengan dia setengah jam, setelah itu beni k harman datang. yang kedua dia datang itu jam 8 lebih cepat.waktu itu ada saya, ada teman saya juga di pengurus demokrat namanya rahmad dirumah saya, ada cdnya semua. satpam saya yang dirumah tahu.

I

muhammad rahmad, muhammad rahmad tahu ya?

N

ya, muhammad rahmad tahu.dan muhammad rahmad ngobrol sama chandra. setelah itu gak lama beni k harman datang. apa yang dibicarakan salah satunya adalah pemilihan ketua kpk, terus ada beberapa kegiatan proyek, saya sebenarnya tidak mau membuka, tapi salah satunya proyeknya adalah proyek untuk pengadaan….banyak proyek yang dibicarakan, salah satunya adalah pengadaan baju hansip

I

pakaian hansip

N

ya, untuk baju hansip untuk pemilu. itu 400 sekian, di depdagri

I

400 sekian M?

N

ya, itu proyek direkayasa, nama pengusahanya namanya andi

I

lalu peran hub chandra hamsah disitu apa?

N

oh chandra memang….

I

karena memang otoritas keuangannya di kpu ya?

N

ya. nggak. di depdagri pak.

I

oh di depdagri. lalu kenapa chandra hamzah dapat komisi

N

karena proyek itu mau diperiksa kpk

I

ok. jelas sekarang

N

jadi pengusaha itu namanya andi, minta diamankan oleh kpk supaya jangan sampai masuk lah, karena di kpk itu kalau sudah masuk itu seperti… ya bapak tahu lah, saya gak perlu jelaskan

I

iya, kala saya tampil di tvone waktu era cicak buaya. saya memang tidak mendukung cicak, saya tidak mendukung buaya bung nazar, perlu info juga buat anda. ok lanjut. jadi cd yang anda perlihatkan tadi rekaman chandra terima uang ada ya

N

disini dijelaskan chandra kerumah saya 2x. jelas sekali

I

media mungkin akan berterima kasih kalau dapat kirimannya.karena tadi pemirsa saya minta…

N

ini cd chandra ke rumah saya…xxxxx (suara tidak jelas)

   
 

bagian 2

I

ini nih. saya melihat gaya kepemimpinan birokrat, partai gitu ya. kita tahu lah bung anas. saya sampai bingung2 melihat mobilnya ada land rover, ada hammer ada dan macem2 itu. itu bagian dari uang2 yang anda kumpulkan di proyek itu diperoleh?

N

semua uangnya itu dari APBN pak

I

anda tahu nggak, kalau seorang lady di alm itu bilang ke anaknya, gak semua orang bisa naik land rover. artinya mantan calon ratu inggris pun menganggap itu barang mahal. bung anas khan baru beberapa tahun mentas, sudah berlanggam demikian. itu ilustrasi saya saja

N

itu semua pak, uangnya didapat dari APBN. itu jelas pak, bukan bukan3 omongan apa. itu jelas pak. emang siapa. emang…khan bapak tahu semuanya. latar belakang masing2. emang uangnya darimana. sudah jelas lah pak uangnya dari mana. saya gak perlu jelaskan semuanya. masyarakat tidak bisa lagi dibohongin, jelas dari mana uangnya. uangnya itu semuanya dari APBN pak, untuk beli rumah, untuk beli….

I

agak terputus dengan bung nazar, kita lanjutkan, tadi saya ingin menyampaikan ada dari tabloid fHM memoto rumah baru bung anas. ada joglonya, mirip2 cikeas. itu jg uang dari APBN?

N

iya, itu uang dari APBN pak, memang uang dari mana?

I

hehehe…

N

ada uang bulan pebruari itu yang dikirim $1 juta, salah satunya, semuanya nanti catatannya lengkap pak, saya kasih ke media biar semuanya dapat secara detail, tidak bisa lagi ditutup tutupin.

I

berikutnya nih. khusus anda pribadi. benar rekening anda diblok semua oleh kpk?

N

saya malah mau mempertanyakan, dasarnya apa, apakah ada uang APBN yang masuk kesitu. bagi saya pak, gak ada masalah. tapi bener2 kpk berjalan sesuai aturan hukum, dan prosedur dan mekanismenya jangan dimainkan sesuai kepentingan dan rekayasa

I

terus dengan ditutup semua rekening anda disini, apakah anda bokek?

N

ndak lah. saya ini pak, sudah ckup lah untuk anak dan istri saya. ndak perlu lah saya sampaikan, harus menyatakan sesuatu yang ya…. buat saya sudah cukup pak, anak istri saya sejak dulu sebelum menjadi anggota dpr

I

artinya anda sudah merasa plong dengan membuka ini semua ke publik ya

N

saya mau membuka ini supaya publik tahu fakta sebenarnya, supaya kpk jangan menutup2in fakta sebenarnya. ini khan mau direkayasa. direkayasa lewat yulianis, menutup2in. ini semua khan mau direkayasa. saya tidak mau, saya mau membuka fakta sebenarnya, tanpa menambahan dan mengurangin, supaya semuanya jelas.

I

ok, kemudian terakhir nih. sekedar opini. hal2 yang demikian ini khan juga terjadi di p artai lain bung, ini bisa nggak kita jadikan momentum untuk kalau istilah saya di kampung itu, menggelantang, jadi cucian yang sangat kotor, handuk kotor, kita kasih sabun lalu dijemur di hamparan rumput, di panas, dicuci lagi. saya udah memakai diksi itu, menggelantang indonesia. bisa nggak?

N

saya tidak mau bicara itu pak,saya hanya mengurus urusan ini. karena saya tidak mau menyakitin orang karena kalau saya nyakitin orang, saya juga akan disakitin. intinya itu. yang saya ungkapkan ini adalah fakta sebenarnya, karena ini hanya masalah pribadi saya dengan pribadi. tidak ada hubungannya dengan partai, sama sekali. yang saya buka adalah fakta sebenarnya yang harus diungkap kpk, kecuali kpk memang mau menutup2in. artinya tidak ada urusannya saya mau menghancurkan partai demokrat.tidak ada. sama sekali saya tidak ada niat menghancurkan partai demokrat.saya membuka fakta sebenarnya tentang seorang anas, biar masy tahu, dan gimana sebenarnya tentang aliran dana wisma atlit dan hambalang, dan proyek PLN. sudah jelas. itu aja yang mau saya sampaikan, terima kasih. Wassalam…

Istilah Pencarian:

Klik untuk melihat isi list

Leave a Reply