Domain dan Hosting : Dimana yang Murah dan Bagus?

 

Murah kok minta bagus?

Ada tuh. setidaknya saya sangat merekomendasikan nama yang satu ini, soalnya saya sudah 3 tahun hosting disini, dan hasilnya cukup menggembirakan. Ini ngomongin apa sih?

OK, OK, kita akan mulai dari awal aja. Kalau salah satu dari kalian pengin punya website sendiri, dengan nama sendiri, kayak misalnya website ini, maka yang harus kita lakukan adalah beli Domain. Domain tuh cuman berisi nama website mu saja. Misalkan kamu pengin punya alamat website :  agussuharmadi.com, maka kamu harus pesen domain itu. Untuk check domain sudah dipake atau belum, kamu bisa check di alamat ini

Check domain

Nama domain harus unique, karenanya kalau nama domain yang kamu daftar sudah dipake orang, kamu harus pake nama lain. Misalkan agussuharmadi.com sudah kepake, kamu bisa namain yang lain, misalkan agussuharmadijatim.com, atau agussuharmadi.net. Pokoknya nama lain leh….

Oh, ya. Untuk pesen domain, biasanya $10 per tahun. Itu sudah harga normal

Setelah punya nama domain, selanjutnya kita harus sewa harddisk untuk meletakkan file yang akan kita tampilkan di website. Itu namanya hosting. Sewa hosting tuh harganya macem-macem, tergantung berapa space dan bandwidth yang kita sewa?

space dan bandwidth, apa lagi tuh?

space adalah ukuran harddisk yang kita sewa. sedangkan bandwidth adalah berapa MegaBytes  orang bisa mendownload dari web kita selama sebulan. Logikanya gini. bahwa ketika kita mengakses halaman tertentu, misalkan halaman ini, maka server akan memberikan data berupa tulisan, gambar dan file misalnya. Nah, yang diberikan server tuh akan dihitung tiap bulan, gak boleh melebihi yang ditentukan. Kalau lebih, maka website gak bisa diakses. gitu lho…

Kalau bulannya sudah ganti, maka perhitungan pemakaian bandwidth akan kembali ke nol lagi.

Makanya kalau nemuin halaman yang ada tulisannya bandwidth exceed the limit, berarti website itu sudah kehabisan jatah bandwith.

Udah tahu domain dan hosting khan?

sekarang kita ke Inti persoalan.

nih saya kasih contoh harga hosting di indonesia (kalau domain, sudah jelas $10 per tahun)

harga hosting

sekarang bandingkan dengan hosting dari luar nih..

hosting wp

Lihat khan. Dari sisi bandwidth sama space, udah kalah jauh. Untuk hosting indonesia, space 2GB dan bandwidth 50 GB, per bulan bayar 150.000,- (asumsi $15), tapi dengan hosting di luar negeri, space 50GB dan bandwith 500GB, cuman $8. Itupun ada penawaran free domain ($10 free) selama hosting disitu. Wuiiih…..

Bedanya sih cuman satu. Yang murah bayar pake dolar, satunya pake rupiah. Saya khan tidak punya dolar?

Gampang, beli aja dolar… caranya cukup 4 langkah praktis :

  1. buka paypal disini
  2. beli VCC disini
  3. beli dolar disini
  4. beli hosting disini

Terus, tunggu apa lagi???

Istilah Pencarian:

Klik untuk melihat isi list

Leave a Reply